Alasan Grasi?

Istana sedang terganggu dengan isu miring adanya mafia narkoba di sana. Tudingan ini berawal dari komentar Mahfud. MD, Ketua MK. Statement dari Mahfud MD ini timbul bukan tanpa sebab. Hal ini berkaitan dengan pemberian grasi oleh presiden terhadap Ola yang merupakan terpidana mati kasus narkoba.

Meskipun tudingan itu belum bisa dibuktikan kebenarannya, namun tudingan itu bisa dikatakan wajar kemudian hadir di permukaan. Mahfud. MD bukan mengada-ngada ataupun sebatas pencitraan semata. Jika dilihat dari rekam jejaknya selama ini, Mahfud. MD adalah salah seorang putra bangsa yang memiliki karir yang gemilang.

Tentu kita sebagai rakyat biasa masih belum paham dengan keputusan presiden SBY untuk memberikan grasi itu. Apa yang menyebabkan Ola,seorang terpidana mati kasus narkoba diberi grasi? Adakah kriteria-kriteria tertentu dalam pemberian grasi?  Dan apakah untuk kasus Ola ini sudah memenuhi kriteria untuk diberikan grasi? Masih belum jelas.

Tidak cukupkah dari banyaknya anak muda korban narkoba yang kehilangan masa depannya. Atau masih kurang orang-orang yang melarat akibat ketagihan narkoba. Presiden kita yakini pasti memahami betul persoalan ini, tapi kenapa presiden malah memberikan ampunan untuk pelaku yang menjadi biang atau akar masalah narkoba selama ini. Sangat disayangkan.

Bukankah untuk mengatasi sebuah masalah adalah dengan menghilangkan faktor-faktor penyebab timbulnya masalah itu. Maraknya persoalan narkoba di Indonesia salah satu faktor penyebabnya adalah banyaknya dalang narkoba / pengedar. Jika dalang narkoba dihilangkan dalam mata rantai narkoba di Indonesia ini, tentu akan berpengaruh pada berkurangnya kasus penyalahgunaan narkoba.

Apapun alasannya pemberian grasi itu dirasakan kurang relevan diberikan pada terpidana kasus narkoba.

Sumber gambar :  sebaiknyakamutahu.blogspot.com

*diterbitkan Banjarmasin Post 24 November 2012

**http://banjarmasin.tribunnews.com/2012/11/24/alasan-grasi-tidak-jelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: