Surat Lamaran Pekerjaan

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah karena berkat izin-Nya sekarang saya sudah lulus. Dan sekarang saya memikirkan untuk mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan? Ya, mencari pekerjaan adalah tantangan baru yang harus saya lalui. Pertama-tama saya ingin mempelajari kembali cara membuat surat lamaran kerja  yang dulu pernah saya pelajari waktu SMA. Setelah membuka-buka buku lama saya, dalam salah satu pembahasannya saya menemukan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan itu.

Dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi tentang membuat surat lamaran pekerjaan. Berikut ini contohnya :

                                                                                                                                Paringin, 12 Oktober 2012

Yth. Direktur PT Nayla

Jln. Amir Husin

Balangan

Dengan hormat,

Menanggapi iklan pada harian Sanggam Post tanggal 10 Oktober 2012 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk jabatan sekretaris.

Adapun kualifikasi diri saya :

nama                        :   Lulu Azzahra

tempat, tanggal lahir   :   Paringin, 12 Februari 1991

pendidikan               :   Akademi Sekretaris

alamat                :   Kelurahan Paringin Timur Rt. 3 Rw. 3 Kec. Paringin Kab. Balangan

sebagai bahan pertimbangan berikut ini saya lampirkan :

1. fotokopi ijazah

2. biodata

3. Surat Keterangan Berkelakuan Baik

Besar harapan saya atas terkabulnya surat lamaran ini.

Hormat saya

Ttd

Lulu Azzahra

Contoh di atas merupakan surat lamaran pekerjaan yang diajukan berdasarkan iklan. Surat lamaran pekerjaan juga dapat diajukan berdasarkan :

1. Informasi seseorang dengan salam pembuka sbb :

Menurut informasi dari Bapak….., perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan….., Sehubungan dengan hal itu….

2. Pengumuman resmi dari instansi yang membutuhkan tenaga kerja, pembukanya sbb :

Berkenaan dengan pengumuman nomor :…… tanggal…., tentang penerimaan karyawan PT…… maka yang bertanda tangan di bawah ini…..

3. Permohonan instansi pada sekolah, pembukanya sbb :

Setelah mendapat informasi dari kepala sekolah tentang permohonan tenaga kerja……

4. Inisiatif tenaga kerja, pembukanya sebagai berikut :

Yang bertanda tangan di bawah ini,,,,,,, dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebaga karyawan pada,,,,,,,

Adapun hal-hal yang perlu dilampirkan antara lain :

–          Daftar riwayat hidup

–          Fotokopi ijazah terakhir

–          Sertifikat

–          Surat Keterangan Berkelakuan Baik

–          Surat keterangan pengalaman kerja

–          Pasfoto

Demikian, semoga bermanfaat terimakasih.

Tinggalkan Balasan

