Jokowi, Pemimpin yang Merakyat

Asyik juga mengikuti perkembangan pemilihan Gubernur DKI Jakarta akhir-akhir ini. Setelah melewati masa-masa kampanye, debat kandidat dan pelaksanaan pemilu akhirnya terlihat juga siapa pemenangnya. Di mana berdasarkan perhitungan cepat (quick qount), pasangan Jokowi – Basuki lebih unggul dari pada  calon incumbent Fauzi Bowo atau yang sering disebut Foke itu.

Foke alias Fauzi Bowo yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur DKI dikalahkan oleh Jokowi, Walikota Solo. Dengan program kerja dan kesederhanaannya Jokowi bisa mangambil hati rakyat DKI Jakarta dengan segala permasalahannya. Ini merupakan fenomena yang menarik dalam perpolitikan Indonesia.

Sosok Jokowi memang diakui merupakan sosok pemimpin yang memiliki kelebihan dibandingkan para pemimpin yang ada selama ini. Sifatnya yang merakyat, sering turun lapangan bertemu rakyat secara langsung membuatnya dianggap sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyatnya. Ia mengetahui permasalahan-permasalahan yang dirasakan rakyat dan kemudian menyusun program kerja untuk mengatasi permasalahan itu. Sehingga program-program kerjanya relevan dengan yang dirasakan rakyatnya.

Dibandingkan pemimpin yang ada selama ini, yang kebanyakannya kerjaannya hanya berada di belakang meja dan kebanyakan program kerjanya kurang pro rakyat. Sehingga rakyat tidak terlalu merasakan apa yang dihasilkan oleh kerja pemimpinnya. Dan akhirnya rakyat pun merasa terlupakan.

Selain Jokowi, apa ada pemimpin-pemimpin kita yang sering bertemu langsung menemui rakyatnya? Jarang bukan?

Meskipun dia bukan berasal dari Jakarta, ataupun wakilnya yang katanya berasal dari etnis Cina, Basuki (Ahok). Mereka tetap diterima oleh rakyat Jakarta, dibandingkan lawannya yang berasal dari Jakarta. Hal ini menunjukan, rakyat Jakarta adalah para pemilih yang rasional. Tidak terlalu menghiraukan kesamaan ras, etnis, suku dan agama mereka. Masyarakat DKI lebih melihat kepada program-program kerja & sikap pemimpinnya itu yang lebih merakyat.

Selamat Jokowi – Basuki, semoga bisa mewujudkan segala program-program kerjanya dan mengatasi permasalahan-permasalahan Jakarta selama ini & tetaplah merakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: