Skripsi? Ayoo Semangat

Siang itu, sepulang dari kampus saya langsung ke perpus pusat universitas. Niatnya mau mencari buku tentang metode penelitian. Karena saat terakhir konsultasi dengan dosen pembimbing skripsi kemarin, saya sudah diperbolehkan melakukan penelitian atau turun ke lapangan. Dan selanjutnya saya disarankan membuat pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara nantinya.

Sesampai di perpus, buku yang saya cari-cari tidak ketemu. Saya sudah search di komputer tempat pencarian, tapi buku yang sesuai dengan keinginan hati ternyata tidak ada. Ya sudah, akhirnya saya coba search dengan kata kunci “skripsi”.  Kemudian timbul beberapa macam buku yang sesuai dengan kata kunci itu. Dari beberapa macam buku itu, ada satu judul buku yang menarik bagi saya, judulnya “Kiat Jitu Sukses Menyusun Skripsi”. Tanpa pikir panjang, saya klik judul itu, kemudian saya lihat kode bukunya dan saya cari di mana buku itu berada sesuai kodenya.

Setelah menemukan buku itu, saya lihat bagian sampul buku, baca bagian belakang buku, kemudian saya cek daftar isinya. Meskipun buku itu tidak ada membahas mengenai cara atau tips membuat pertanyaan untuk wawancara. Tapi setelah membaca-baca sedikit buku itu, saya langsung terkesima. (Tampaknya buku ini perlu saya pinjam, isi pembahasannya sesuai dengan keadaan yang saya rasakan sekarang)

Buku itu tidak terlalu tebal, yang menurut penulisnya Bapak Drs. Jong Jek Siang, M.Sc materi dalam buku itu disusun secara singkat, padat, praktis sehingga tidak menambah beban bacaan bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Dimana dalam buku itu terdiri dari 7 Bab.

Dalam Bab 1 membahas tentang jenis-jenis skripsi dan hambatan yang sering dialami oleh mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya. Dengan mengetahui hambatan-hambatan itu, maka diharapkan kita dapat menghindarinya.

Kemudian dalam Bab 2 membicarakan tentang persiapan sebelum memulai skripsi, mulai dari teknik penggalian ide untuk skripsi, pembuatan proposal, serta kolokium.

Selanjutnya pada Bab 3 berisi tentang proses penelitian dan hal-hal yang perlu diketahui atau dihindari selama pelaksanaan penelitian. Mengingat beragamnya jurusan, dalam buku itu ditulis hal-hal yang umum di setiap jurusan. Sedangkan hal-hal yang lebih teknis seperti penentuan jumlah variabel atau sampel, cara analisis data, dan sebagainya tidak dibahas.

Pada Bab 4 berhubungan dengan pembimbing, mulai dari informasi tentang fungsi dan posisi pembimbing hingga tekhnik berkonsultasi yang baik dan terarah dengan pembimbing.

Bab 5 berisi tentang bagaimana membuat laporan skripsi, serta kesalahan-kesalahan yang sering dibuat mahasiswa ketika membuat laporannya. Hal yang dibahas dalam buku itu bukan membicarakan format penulisan (yang biasanya sudah disediakan oleh jurusan), tapi lebih kepada isi laporan. Menurut penulis buku itu, bab ini sengaja dibahas mengingat biasanya mahasiswa hanya meniru laporan kakak tingkatnya saja, padahal isi laporan itu belum tentu benar.

Kemudian pada Bab 6 membahas tentang seluk beluk pendadaran, mulai dari cara mempersiapkan materi presentasi dan pendadaran, menjawab pertanyaan penguji, hingga hal-hal teknis yang kadang kala dilupakan pada waktu pendadaran.

Pada bab terakhir, Bab 7 yang merupakan penutup, berisi tentang saran agar tidak putus asa sewaktu mengerjakan skripsi.

Setelah membaca buku itu, saya menjadi sadar kalau selama ini dalam penyusunan skripsi saya telah melakukan banyak kekeliruan. Pantaslah jika setiap konsultasi dengan dosen pembimbing, selalu ada saja yang harus diperbaiki. Alhamdulillah setelah membaca buku itu membuat semangat saya yang kian menurun dalam menulis skripsi bisa kembali meningkat lagi.

Buku “Kiat Jitu Sukses Menyusun Skripsi” saya rekomendasikan buat teman-teman yang lagi menyusun skripsi. Dan rasakan manfaatnya…. Selamat membaca!!!

Sumber bacaan :

Jok Jek Siang, 2003, Kiat Jitu Sukses Menyusun Skripsi, Yogyakarta : Andi Offset

buku tampak dari depan :

buku tampak dari belakang :

1 Response so far »

  1. 1

    dewi s.a said,

    saya sudah sampai ke pembahasan tapi rasanya msh setengah mati & berfikir keras untuk menyusun,mengkaji,dan membahas sesuai referensi saya udah disemester ujung tanduk, itu membuat saya depresi


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

