Memahami Evaluasi Kebijakan II

Menurut Thomas Dye dalam Wayne Parsons (2005) evaluasi kebijakan adalah pemeriksaan yang objektif, sistematis dan empiris terhadap efek dari kebijakan dan program publik terhadap targetnya dari segi tujuan yang ingin dicapai. Thomas Dye menawarkan definisi ini saat dia mencatat bahwa evaluasi kebijakan adalah “pembelajaran tentang konsukuensi dari kebijakan publik.”

Kemudian Carol Weiss dalam Wayne Parsons (2005), mengatakan bahwa evaluasi dapat dibedakan dari bentuk-bentuk analisis lainnya berdasarkan enam hal :

  • Evaluasi dimaksudkan untuk pembuatan keputusan, dan untuk menganalisis problem seperti yang didefinisikan oleh pembuat keputusan, bukan oleh periset
  • Evaluasi adalah penilaian karakter. Riset bertujuan untuk mengevaluasi tujuan program
  • Evaluasi adalah riset yang dilakukan dalam setting kebijakan, bukan dalam setting akademik
  • Evaluasi sering kali melibatkan konflik antara periset dan praktisi
  • Evaluasi biayanya tidak dipublikasikan
  • Evaluasi mungkin melibatkan periset dalam persoalan kesetiaan kepada agen pemberi dana dan peningkatan perubahan sosial.

Riset evaluasi membahas dua dimensi : bagaimana sebuah kebijakan bisa diukur berdasarkan tujuan yang ditetapkan, dan dampak aktual dari kebijakan. Dalam bagian ini kita akan membahas analisis evaluasi sebagai aktivitas pengukuran kinerja tujuan. Studi terhadap dampaknya, di lain pihak, akan membahas efek dari sebuah kebijakan secara keseluruhan atau proses pengimplementasiannya.

Sumber :

Parson, Wayne. (2001). Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan, Edisi Pertama. Alih bahasa, Budi Santoso (2005).  Jakarta : Prenada Media.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: