Memahami Manfaat Try out

Try out merupakan salah satu program sekolah dalam mempersiapkan siswa menghadapai UN. Bagi para siswa yang duduk di bangku kelas tiga diwajibkan mengikuti try out selama tiga kali menjelang UN.

Rasa lelah pasti dirasakan oleh para siswa. Itu memang konsekuensi dari upaya-upaya para siswa untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi, hal itu jangan dijadikan alasan yang membuat siswa menjadi malas untuk belajar.

Bukankah bisa itu karena terbiasa, dengan tiga kali try out membuat para siswa membiasakan diri untuk menghadapi UN. Para siswa akan terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan saat UN, baik itu terlatih dalam mengisi lembar jawaban  komputer, sehingga kesalahan-kesalahan yang bersifat mendasar dapat dihindari. Selain itu para siswa juga akan terlatih dengan soal-soal UN nantinya, sehingga dalm menghadapi UN mereka tidak kesulitan.

Tiga kali mengadakan try out sangat bermanfaat bagi siswa, pihak guru akan mengetahui seberapa tingkat kemampuan siswa dan kemudian mereka bisa mengoreksi apa-apa saja yang menjadi kekurangan siswanya. Sehingga mereka akan meningkatkan proses pembelajarannya lagi agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan.

Kegagalan dalam menghadapi UN merupakan mimpi buruk bagi semua siswa, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata bagaimana perasan siswa setelah tiga tahun lamanya bergelut dengan buku digagalkan dengan tiga hari mengikuti UN. Itu tentulah menjadi pukulan berat bagi siswa. Melihat pengalaman terdahulu banyak para siswa yang stress atau terganggu kondisi psikisnya karena gagal saat UN.

Tentu semua siswa tidak mau seperti itu, untuk itu bagi para siswa tidak usah mempermasalahkan rasa lelahnya dalam mengikuti try out. Karena seberapa besar usaha kita pasti akan berpengaruh pada suksesnya menghadapi UN. Kita doakan semoga nantinya UN 2012 berjalan dengan lancar dan semuanya “LULUS”. Amien.

*Diterbitkan Banjarmasin Post Edisi 2 Maret 2012

**  http://banjarmasin.tribunnews.com/2012/03/02/bisa-karena-biasa

1 Response so far »

  1. 1

    yudianto said,

    bagi yang sudah belajar dan hasil try outnya baik…..akan meningkatkan percaya diri siswa
    bayi yang belum belajar tryout mungkin jadi beban yang bisa menurunkan percaya diri atau mendorongnya semangat belajar (tergantung siswa)
    Bagi yang merasa sudah belajar TAPI hasil tryoutnya kurang bagus akan membuat kecewa siswa


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: