Indonesia Membutuhkan FPI, Tapi Bukan FPI yang Anarkis

Selain heboh tentang pemberitaan pesawat kepresidenan, kasus wisma atlet dan meninggalnya penyanyi legendaris Whitney Houston, pekan ini media juga sedang santer-santernya memberitakan tentang wacana pemerintah untuk membubarkan ormas FPI (Front Pembela Islam).

Menurut pemberitaan timbulnya wacana ini berawal dari aksi penolakan masyarakat Dayak  di Palangkaraya Kalteng atas kedatangan  Ketua FPI Habib Rizieq dan rombongan. Penolakan masyarakat Dayak ini bukanlah tanpa alasan, mereka menolak rencana pendirian FPI di daerahnya karena ormas ini dianggap kerap bertindak anarkis.

Telah banyak catatan buruk yang membuat FPI dicap sebagai ormas yang sering bertindak anarkis. Misal, kebrutalan di kawasan Silang Monas pada 2008 lalu, kemudian yang terjadi baru-baru ini yaitu aksi perusakan kantor kementerian pada 12 Januari 2012 lalu oleh FPI.

Melihat catatan buruk dari rekam jejak FPI itu, wajarlah kehadiran FPI tidak disambut baik oleh masyarakat Dayak di daerahnya. Seandainya FPI memiliki citra baik di masyarakat, kemungkinan kehadiran FPI di Kalteng akan disambut dengan tangan terbuka.

Sementara itu Kementerian Dalam Negeri juga diberitakan telah menerbitkan surat teguran keras kepada Front Pembela Islam (FPI) atas tindakan anarkisnya. Kemendagri berharap FPI tidak berulah anarkis lagi, jika saja masih berbuat onar, maka FPI akan dibekukan dan akan berujung pada pembubaran FPI. Tindakan Kemendagri ini berpedoman pada Undang-Undang No 8 Tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan.

Semoga kelak FPI dapat memperbaiki tindakannya dalam melakukan aksi-aksinya. Karena Indonesia membutuhkan ormas yang kritis seperti FPI dalam melawan kemungkaran, kemaksiatan dan segala perilaku-perilaku menyimpang lainnya. Namun bukan dengan tindakan anarkis.

Kita tunggu aksi-aksi dari ormas FPI nanti dalam membela kebenaran di mata masyarakat, agama, dan tidak boleh ketinggalan di mata hukum.

Sumber Bacaan :

http://id.berita.yahoo.com/blogs/newsroom-blog/indonesia-tanpa-ormas-pengacau.html

 

2 Tanggapan so far »

  1. 2

    deddysumardi said,

    napa to artinya ini bro ( ???) xixixi


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: