Nyang Nganu, Nyang Ngintu di Balangan…

Bagaikan telur di ujung tanduk. Apakah istilah ini cocok untuk menggambarkan bagaimana keadaan pemerintahan daerah Kabupaten Balangan saat ini? Pasalnya, kemarin DPRD setempat membuat keputusan untuk membatalkan pasangan calon terpilih Pemilukada 2010 nomor urut 3, yang tidak lain Bupati dan Wakil Bupati Balangan yang sedang menjabat, Bapak Sefek Effendie dan Ansharuddin.

Keputusan DPRD ini terkait dengan desakan massa yang menuntut pasangan Sefek Effendie-Ansharuddin turun dari pemerintahan setelah  mereka divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Amuntai karena terbukti melakukan money politics pada pemilihan kepala daerah. Ribuan Massa beberapa kali berdemo di DPRD Balangan untuk mendesak agar Sefek Effendie-Ansharuddin digulingkan dari pemerintahan.

Tindakan DPRD untuk mengambil keputusan itu merujuk pada PP Nomor 6 Tahun 2005 Pasal 111 dimana laporan yang mengandung unsur pidana yang telah memperoleh putusan pengadilan yang telah mempunyai putusan hukum tetap. Yang berakibat calon terpilih tidak memenuhi persyaratan, ditindak lanjuti dengan pembatalan pasangan calon oleh DPRD.

Atas dasar PP Nomor 6 Tahun 2005 itulah yang menjadi dasar hukum bagi massa untuk terus mendesak DPRD setempat untuk menon-aktifkan Bupati dan Wakil Bupati yang sekarang menjabat. Hingga pada hari senin pasca keluarnya keputusan dari DPRD kala itu, sekitar 100 orang massa masih mendatangi Kantor DPRD Balangan untuk meminta DPRD menindaklanjuti keputusan yang dibuatnya kemarin.

Bagaimanakah selanjutnya, apakah pasangan Bupati dan Wakil Bupati Balangan akan dilengserkan jabatannya?

Namun, seandainya jika pasangan Bupati dan Wakil Bupati diberhentikan setelah itu siapakah penggantinya?

Entahlah, semua itu masih menjadi tanda tanya besar. Kita sebagai rakyat kecil hanya bisa berdo’a dan berharap yang terbaik untuk Kabupaten Balangan yang tercinta. Apapun yang terjadi berikutnya, asalkan tidak merugikan masyarakat Balangan dan asalkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kita hanya bisa pasrah.

Setelah berbagai fenomena yang terjadi, kita berharap semoga kelak Kabupaten Balangan akan menjadi kabupaten yang maju, dengan stabilitas pemerintahan yang kuat, dan dengan meningkatnya kinerja tata pemerintahan daerah Kabupaten Balangan. Serta yang lebih penting lagi yaitu dapat tercapainya kesejahteraan seluruh masyarakat Balangan.

Amien,,, Amien,,, Ya Rabbal Alamin…

 

Sumber Bacaan : Banjarmasin Post

3 Tanggapan so far »

  1. 2

    deddysumardi said,

    Trims Bib sudah sudi ba’ilang…

  2. 3

    abib aey said,

    slow za mang ae,,,


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: