MIYABI, BEAUTIFUL GIRL

Saya tidak bisa menulis, Saya malas belajar, Saya males mikir, Saya males segalanya.

Menulis itu sulit, menulis itu capek, menulis itu bikin pusing.

Benarkah ?

Ya, itu memang benar.

Benar bagi orang-orang yang tidak mau berusaha, tidak mau belajar, tidak mau bekerja keras dan yang tidak-tidak lainnya. Sehingga saat menulis, dia akan bingung dan kehabisan kata-kata untuk ditulis. Kemudian dia akan putus asa dan lebih memilih bengong dan nganga-nganga saja (sayang sekali)

Akan tetapi, hal itu tidak benar bagi orang-orang yang mau belajar, berusaha, bekerja keras, dan tidak mudah putus asa. Menulis akan menjadi hal yang mudah bagi orang-orang yang jenis seperti ini. Satu, dua, tiga bahkan lebih tulisan dalam sehari dapat dibuatnya dengan mudah. (mantap!)

Kemudian, bagaimana jika seorang mahasiswa tidak bisa menulis?

MAHASISWA = MAHA+SISWA, MAHA = BESAR, SISWA = PELAJAR.

Mahasiswa merupakan sebutan bagi pelajar yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Yang namanya mahasiswa pastilah sering bertemu dengan kegiatan tulis menulis. Baik itu tugas menulis artikel, makalah, proposal, hingga skripsi.

Jika tidak bisa menulis, bagaimana ia bisa mengerjakan tugas, apa harus copy punya teman? Atau Copas di internet? Atau minta dikerjakan sama orang lain dengan imbalan materi? (sayang sekali)

Lalu bagaimana caranya agar bisa menulis?

Dari tips-tips menulis yang saya baca di Kompasiana, dapat diambil pelajaran / inspirasi untuk kita dalam menulis, coba kita lihat di bawah ini :

Wijaya Kusumah : Baca, baca dan baca itu kuncinya. Lalu  perbanyaklah berlatih menulis. Dengan banyak menulis anda akan jadi terbiasa menulis. Itu saja resepnya! (KOMPASIANA)

Ahmad Fuadi : pilihlah topik yang kita tahu, yang kita senangi, yang kita care, dan yang sangat mendalam di hati kita. temukan worldnya apa. World Ahmad Fuadi adalah dunia pesantren tempat dia menimba ilmu. Kehidupan pesantren yang unik demikian melekat dalam hatinya. Itulah worldnya Ahmad Fuadi. Kemudian dia juga menyebutkan bahwa menulis itu harus dari hati, biasanya menulis dari hati akan melekat pula dalam hati pembaca. (KOMPASIANA)

E. Sudaryanto : Haram Berkata : Saya Kehabisan Bahan Untuk Menulis! (KOMPASIANA)

Abdi Husairi Nasution :Menulis Membuat Saya Terus Berpikir (KOMPASIANA)

Tulisan-tulisan mereka ini sangat inspiratif bagi pembaca, begitu juga saya. Setelah membaca tulisan mereka, saya langsung belajar menulis. Dan saya akhirnya mempunyai semangat yang tinggi dalam menulis. Saya coba praktekkan apa-apa saja dari tips-tips yang mereka berikan. Membaca, menganalisa, mengamati, menulis, dari hati, membaca kembali, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, saya masih kesulitan dalam menulis. Saya tetap saja sering kehabisan kata-kata untuk menulis. Hingga dalam menulis tugas kuliah (proposal) saya pun, saya tidak tau mulainya dari mana. Semua ini mungkin dikarenakan saya masih belum maksimal dalam melaksanakan tips-tips yang mereka berikan.

Tapi saya percaya, inilah tahap awal saya untuk belajar menulis. Masih banyak tahapan-tahapan lagi yang harus dilalui agar bisa menulis. Asal mau belajar, Insya Allah pasti bisa.

Dan saya yakin para penulis seperti mereka dan penulis professional lainnya, awalnya juga seperti saya, memulai dari ketidakbisaan. Dengan konsisten menulis, akhirnya mereka bisa menjadi penulis professional.

Demikian yang dapat saya tuliskan, salah khilaf mohon maaf.

Wss. Wr. Wb

Eh, cerita Miyabinya mana? Judulnya tentang Miyabi, kok isinya ga nyambung? Aneh…

“O’iya, saya lupa. Saya salah kasih judul, mau saya hapus, tapi tip ex sama penghapusnya sudah saya buang.” (salah satu tips menulis dari Kompasiana, Buang Tip Ex dan Penghapus Saat Menulis) Hehehe

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Anonim said,

    beri tahu donk caranya buat blog sendiri


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

