UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI POLITIK

Unsur-unsur dalam komunikasi pada umumnya terdiri dari : komunikator, komunikan, pesan, media, tujuan, efek dan sumber komunikasi. Unsur-unsur ini dalam komunikasi politik terdapat dalam dua situasi atau struktur politik, yaitu yang berada pada suprastruktur politik dan yang berada pada infrastruktur politik

1. Unsur-unsur pada suprastruktur

Yaitu terdiri dari tiga kelompok, yaitu yang berada pada lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif. Ketiga kelompok ini terdiri dari :

a. Elite politik

b. Elite militer

c. Teknokrat

d. Profesional group

Biasanya keempat kelompok ini mencerminkan kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat (infrastruktur), karena terwujudnya suprastruktur pada hakikatnya merupakan produk keterlibatan seluruh unsur yang ada pada infrastruktur.

2. Unsur-unsur pada infrastruktur

Yaitu terbagi dalam asosiasi-asosiasi atau kelompok-kelompok, yaitu :

a. Partai politik

b. Kelompok yang mempunyai kepentingan

c. Kelompok penekan

d. Media komunikasi politik

e. Kelompok wartawan

f. Kelompok mahasiswa

g. Para tokoh politik

Kelompok wartawan dipisahkan dari kelompok interest / kepentingan, karena wartawan sebenarnya merupakan kelompok yang menjembatani antarsuprastruktur dan infrastruktur yang dapat dikualifikasikan dalam kelompok “through-put” atau “within put”.

Sedangkan mahasiswa juga bukan kelompok interest / kepentingan, karena setiap aktivitas mahasiswa dalam kegiatan infrastruktur hanya dilandasi oleh nilai ilmu yang memandang suatu keadaan dilihat dari ‘Das Sollen’ dan ‘Das Sein’-nya sehingga apa yang dilakukan masih bersifat murni dan belum diwarnai oleh suatu pandangan, faham atau ideologi tertentu. Kecuali bagi mahasiswa yang telah menerjunkan diri dalam kelompok-kelompok politik praktis, tentu saja hal ini dapat dimasukan dalam kelompok-kelompok interest  atau kelompok kepentingan/ kelompok politik. Hal ini penting untuk dikemukakan untuk memandang nilai-nilai yang dimiliki oleh mahasiswa  yaitu sifat netral dan objektif terhadap suatu keadaan.

Unsur-unsur yang ada dalam infrastruktur ini, secara reciprocal berpengaruh terhadap suprastruktur, yaitu dalam menopang atau melaksanakan segala produk dan policy suprastruktur. Secara variabel hubungan antara suprastruktur dan infrastruktur dipengaruhi pula oleh sistem politik yang berlangsung, sehingga proses komunikasi dalam setiap sistem mempunyai karakteristik dan corak yang berbeda.

Komunikasi dapat bersifat vertikal tanpa terdapatnya sistem feedback dan respons yang sempurna sesuai dengan hukum dan norma komunikasi, namun adapula komunikasi vertikal dan horizontal dengan mengharapkan feedback atau respons sesuai dengan ketentuan hukum komunikasi

Pada tipe yang kedua pesan komunikasi dari suprastruktur merupakan bahan yang dapat menstimulasi atau memotivasi berkembangnya pendapat umum atau terwujudnya partisipasi politik dalam segala bentuk dan kegiatan kehidupan ketatanegaraan.

Sumber : Sumarno, 1989, Dimensi-Dimensi Komunikasi Politik, Bandung : PT. Alumni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: