Kekuasaan dalam Ekonomi Politik

Kekuasaan Ekonomi

Seseorang dikatakan memiliki kekuasaan ekonomi ketika ia memiliki banyak uang sehingga ia bisa menggunakannya untuk membeli sesuatu yang diinginkannya, atau ia mempunyai sesuatu yang bisa ia jual dan sangat diinginkan oleh orang lain. Kekuasaan ekonomi akan semakin besar ketika seseorang bisa menguasai pasar (inovasi yang tidak dimiliki perusahaan orang lain) è memiliki kekuasaan monopoli atau oligopoli

 

Kekuasaan Politik

  • Tanpa uang, dapat mempengaruhi orang lain sehingga orang lain terpengaruh dan mengikuti kehendak dari orang yang memerintahnya padahal ia tidak mau melakukannya.
  • Orang-orang yang memiliki otoritas / kewenangan
  • Orang-orang yang memiliki jabatan publik

 

Kekuasaan Ekonomi Politik

Negara sebagai lembaga yang memiliki kewenangan, dengan kewenangan itu Negara bisa mengatur hal-hal yang berkaitan tentang alokasi sumber daya / ekonomi. Bagaimana kekuasaan politik itu dipakai dalam melakukan distribusi, alokasi SDA yang berkaitan dengan hal-hal ekonomi.

Adapun menurut Mohtar Mas’oed (1991) tentang kaitan ekonomi politik, politik sebagai otoritas, hubungan antara ekonomi dan politik dapat diterjemahkan ke dalam isu tentang hubungan antara kekayaan dan kekuasaan. Ekonomi terkait dengan penciptaan dan pendistribusian kekayaan, sedangkan politik terkait dengan penciptaan dan pendistribusian kekuasaan. Kekayaan terdiri dari aset fisik dan nonfisik, aset fisik seperti kapital dan tanah, dan aset non fisik seperti sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan. Sedangkan kekuasaan bisa muncul dalam bentuk militer, ekonomi, maupun psikologis. Kekuasaan adalah kemampuan menghasilkan suatu hasil tertentu secara paksa. Walau kekuasaan bisa terwujud dalam berbagai bentuk, bentuk aslinya adalah daya paksa.

 

Sumber : disampaikan pada perkuliahan Ekonomi Politik (7 April 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: