BAHAN PERBANDINGAN POLITIK 4

TEORI TEORI PEMBANGUNAN

 

TEORI MODERNISASI

Teori ini menjelaskan bahwa kemiskinan yang terjadi pada suatu negara terutama disebabkan oelh faktor-faktor internal.
TEORI HARROD-DOMAR
Pembangunan hanya merupakan masalah penyediaan modal untuk investasi.
Pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh tingginya tabungan dan investasi. Artinya jika tabungan dan investasi rendah, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat atau negara tersebut juga rendah.
TEORI ETIKA PROTESTAN WEBER
Salah satu fakor yang menyebabkan beberapa negara di Eropa dan AS mengalami kemajuan ekonomi yang pesat dibawah sistem kapitalisme adalah etika protestan.
Etika Protestan adalah cara bekerja keras dan sungguh-sungguh, lepas dari imbalan material, tetapi untuk mengatasi kecemasan. Ajaran ini dibawa oleh agama Protestan Calvin.
Seseorang sudah ditakdirkan sebelumnya untuk masuk ke surga atau neraka. Tetapi, orang yang bersangkutan tentu saja tidak mengetahuinya. Karenanya ia  menjadi tidak tenang dan cemas kan nasibnya. Ajaran Calvin mengatakan bahwa salah satu cara mengetahui hal di atas adalah dengan keberhasilan kerjanya di dunia. Jika ia berhasil dalam kerjanya di dunia, hampir dapat dipastikan ia akan naik ke surga setelah ia mati nanti.”
¨Teori ini menekankan bahwa nilai-nilai budaya, antara lain melalui agama, berperan penting dalam mempengaruhi tingkah laku individu. Ketika nilai-nilai yang hidup didalam masyarakat dapat diarahkan kepada sikap yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi, proses pembangunan dalam masyarakat tersebut dapat terlaksana.
TEORI n-Ach
Dari data dan hasil penelitian terhadap dokumen-dokumen kesusasteraan Yunani Kuno, Spanyol, dan Inggris ditarik kesimpulan oleh Mc.Clelland bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi selalu didahului oleh n-Ach yang tinggi.
Individu yang memiliki n-Ach yang tinggi memiliki kebutuhan untuk berprestasi, mengalami kepuasan bukan karena mendapatkan imbalan dari hasil kerjanya, tetapi karena kepuasan terhadap hasil kerjanya yang baik.
TEORI NON-EKONOMI
Menurut Hoselitz, ada peran penting dari pembentukan lembaga-lembaga yang menunjang proses modernisasi. Artinya, adanya modal dan nilai investasi yang tinggi tidak akan efektif mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi jika tidak didukung oleh adanya lembaga-lembaga perbankan dan ekonomi yang mampu mengarahkan penggunaan modal dan investasi secara efektif.
Selain itu, perkembangan teknologi dan sains harus sudah melembaga terlebih dahulu sebelum masyarakat tersebut melakukan lepas landas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: