BAHAN PERBANDINGAN POLITIK 2

TEORI MODERNISASI

 

TEORI PEMBAGIAN KERJA SECARA INTERNASIONAL

— Teori-teori ini pada dasarnya menyatakan bahwa setiap negara harus melakukan spesialisasi produksi sesuai dengan keuntungan komparatif yang dimiliki.

—  Perdagangan internasional yang terjadi pasti akan menguntungkan semua pihak.

—  Bekerjanya invisible hand miliki Adam Smith

—  Mengakibatkan terjadinya spesialisasi produksi pada tiap-tiap negara sesuai dengan keuntungan komparatif yang mereka miliki.

—  Muncul dua kelompok negara, yaitu negara yang memproduksi hasil pertanian dan negara yang memproduksi barang industri.

FAKTA

—  Negara industri semakin kaya sedangkan negara pertanian semakian tertinggal.

MENGAPA?

ALASAN DUA TEORI

—  Kemiskinan dan ketertinggalan disebabkan oleh faktor internal ——– Teori Modernisasi

—  Kemiskinan dan ketertinggalan disebabkan oleh faktor eksternal terutama sebagai akibat dari bekerjanya kekuatan-kekuatan luar yang menyebabkan negara tsb gagal melakukan pembangunan ——- Teori Struktural

TEORI MODERNISASI

—  Teori yang menekankan  bahwa pembangunan hanya merupakan masalah penyediaan modal untuk investasi (exm: Teori Harrod-Domar).

—  Negara dunia ketiga disarankan untuk memecahkan persoalan keterbelakangannya adalah dengan mencari tambahan modal, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

—  Teori yang menekankan aspek psikologi-individu. Artinya, mendorong proses pembangunan berarti membentuk manusia wiraswasta dengan n-Ach (need of achievement) yang tinggi.  (exm: Teori McClelland).

—  Teori yang menekankan pada nilai-nilai budaya. Teori Weber tentang peran agama dalam pembentukan kapitalisme merupakan sumber dari aliran teori ini. Nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat mempunyai peran yang menentukan dalam mempengaruhi tingkah laku individu.

—  Teori yang menekankan adanya lembaga-lembaga sosial dan politik yang mendukung proses pembangunan sebelum lepas landas dimulai. (exm. Teori Rostow dan Teori Hoselitz).

—  Lembaga tsb diperlukan untuk menghimpun modal yang besar, serta memasok tenaga teknis, tenaga wiraswasta dan teknologi. Lembaga tersebut misalnya adalah lembaga pendidikan, perbankan, mobilisasi modal,dsb.

—  Teori yang menekankan lingkungan material,  dalam hal ini adalah lingkungan pekerjaan,  sebagai salah satu cara terbaik untuk membentuk manusia modern yang bisa membangun. (ex. Teori Inkeles dan Smith).

—  Inkeles, misalnya, berpendapat bahwa manusia bisa berubah secara mendasar setelah dia menjadi dewasa, dan karena itu tidak ada manusia yang tetap menjadi manusia tradisional dalam pandangan dan kepribadiannya.

—  Pendidikan adalah yang paling efektif mengubah manusia, selain pengalaman kerja dan media massa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: