CATATAN KULIAH PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Fungsi Komunikasi :

1. Komunikasi secara sosial, tujuannya untuk akselerasi diri / eksistensi diri

2. Eksplisit, tujuannya bukan untuk mempengaruhi tapi hanya untuk menyampaikan ekspresi kita

3. Komunikasi ritual

4. Komunikasi instrumental

Adapun fungsi komunikasi yang lainnya, antara lain:

1. Kebutuhan untuk mengontrol lingkungan sekitarnya

2. Upaya manusia untuk beradaptasi

3. Upaya manusia untuk mentransformasi nilai-nilai, missal mewariskan nilai-nilai, tata karma baik vertical maupun horizontal

4. Instrumen untuk memprediksi sikap dan perilaku orang lain

Komunikasi ada yang mengatakan mudah, mudah bagaikan bernafas. Namun hal itu dapat dibantahkan, misalnya bagaimana kita berbicara dengan orang yang beda Negara, yang beda bahasa.

Komunikasi berasal dari bahasa latin, komunis. Ada yang mengartikan membuat sama, saling berbagi, membuat kebersamaan. Misal bahasa Indonesia persamaan yang menjadi komunikasi antar suku.

Jika satu orang dayak dan satunya orang banjar. Orang dayak berbicara menggunakan bahasa dayak dan banjar dengan bahasa banjar. Mereka tidak mengerti antara bahasa keduanya. Hal ini tidak bisa dikatakan telah terjadi komunikasi. Karena tidak adanya kesepahaman. Komunikasi itu dapat dikatakan berhasil yaitu syaratnya adanya kesamaan pikiran, kesetaraan, kesamaan kata dan arti, pemahaman dan tindakan.

Definisi Komunikasi

Kata komunikasi berasal dari perkataan latin : komunis, artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih

Juga berasal dari akar kata bahasa latin : communice, yang artinya membagi (Cherry dalam Stuart, 1983)

Definisi singkat untuk menerangkan suatu tindakan komunikasi adalah menjawab pertanyaan : siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, melalui saluran apa, kepada siapa dan apa pengaruhnya (Harold Lasswel)

Menurut kelompok sarjana komunikasi=suatu transaksi proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan a. Membangun hubungan antar manusia b. Melalui pertukaran informasi c. Untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain d. Berusaha untuk merubah sikap dan tingkah laku

Menurut Roger= sebuah proses dimana dua orang atau lebih membentuk dan melakukan interaksi

Prinsip komunikasi :

Ada 3 prinsip dasar komunikasi, yaitu :

1. Komunikasi hanya bisa terjadi bila terdapat pertukaran pengalaman antara pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi (sharing similar experience)

2. Makna yang dikandung pesan

3. Menuju suatu model proses komunikasi yang umum dan memusat

Bagaimana memahami manusia ?

Ada 3 pendapat dalam menjawab pertanyaan itu :

1. Dugaan bahwa di dalam diri setiap manusia ada sesuatu  yang menentukan perbuatan kita dalam situasi. Perilaku ini dikenal dengan aksi dan yang dipandang sebagai tindakan dengan kekuatan sendiri. Namanya motif sadar  (faktor dari dalam/termotivasi dari orang lain)

2. Faktor dari luar untuk mendorong seseorang bertindak

3. Persepsi dari orang lain, misal orang menganggap kita pintar, maka akan timbul bagi kita untuk berperilaku menjadi orang pintar

Unsur-unsur komunikasi :

Komunikator dan komunikan

Pesan

Media (langsung/perantara)

Tujuan

Efek / dampak

Sumber komunikasi

Mengapa perlu mempelajari ilmu komunikasi?

1. Kita dapat memahami diri kita sendiri, dunia kita dan aspek-aspek dari perilaku manusia

2. Dapat memberi pengetahuan teori, sehingga dalam praktek kita dapat menerapkannya

 

Ilmu komunikasi sebagai seni, sebagai ilmu, dan sebagai profesi

a. Sebagai seni

Ilmu komunikasi memiliki nilai estetika, sehingga dalam praktek komunikasi seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran radio, TV, seni grafika, retorika, acting, penulisan scenario, penulisan buku

Memiliki fungsi hiburan (nonton TV, membaca surat kabar, mendengarkan radio, dll)

b. Sebagai ilmu

Komunikasi merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis berdasarkan fakta dan riset melakukan penelitian ilmiah, kontrol dan pengujian menurut kaidah-kaidah ilmiah dan secara normatif hasilnya dapat disajikan dan diterapkan untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan umat manusia

c. Sebagai profesi

Komunikasi menjadi profesi dalam lapangan kehidupan yang menjadi sumber mata pencaharian. Contohnya seperti guru, jurnalistik, dosen, konsultan, dll

 

Ruang lingkup komunikasi

Komunikasi antar manusia atau menggambarkan bagaimana seseorang menyampaikan sesuatu lewat bahasa atau symbol-simbol tertentu (verbal dan nonverbal).

 

 

Frank Dance (1970) melakukan terobosan penting dalam upayanya memberikan klarifikasi terhadap pengertian komunikasi. Ia mengklasifikasikan teori komunikasi yang banyak itu berdasarkan sifat-sifatnya. Dance mengajukan sejumlah elemen dasar yang digunakan untuk membedakan komunikasi. Ia menemukan tiga hal yang disebutnya dengan ‘diferensiasi konseptual kritis’ (critical conceptual differentiation) yang membentuk dimensi dasar teori komunikasi yang terdiri atas: 1) dimensi level observasi; 2) dimensi kesengajaan; dan 3) dimensi penilaian normatif. 1. Dimensi Level Observasi Dimensi pertama adalah level observasi (level of observation). Menurutnya beberapa definisi mengenai komunikasi bersifat sangat luas (inclusive) sementara definisi lainnya bersifat terbatas.

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

1. Komunikasi antar manusia

KOmunikasi hanya terjadi jika ada seseorang yang menyampaikan pesan kepada orang lain

 

PROSES KOMUNIKASI (Little John)

1. Komunikasi harus terbatas pada pesan yang disengaja diarahkan kepada orang lain dan diterima oleh mereka

2. Komunikasi harus mencakup semua perilaku yang bermakna bagi penerima, apakah disengaja atau tidak

3. Komunikasi harus mencakup pesan-pesan yang dikirim secara sengaja, namun sengaja ini sesungguhnya sulit ditentukan                                                                                         

SUMBER KOMUNIKASI

Dalam setiap proses komunikasi, selalu melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi

Sumber bisa satu orang / lebih, kelompok, lembaga

KOMUNIKATOR

Dilandasi oleh sifat-sifat atau intensitas yang tinggi, karena adanya dorongan motif dan interest, cirri-cirinya yaitu :

1. Mempunyai inisiatif

2. Yang mempunyai ide / gagasan yang akan disebarluaskan

3. Dialah yang pertama-tama mengajak berkomunikasi

4. Yang bermaksud mempengaruhi, mengubah dan membentuk sikap, pen dapat dan tingkah laku orang lain Baik perorangan maupun kelompok- tujuan

PESAN

Pesan merupakan sesuatu yang disampaikan pengirim (sumber/ komunikator) kepada penerima

Pesan dapat disampaikan melalui: tatap muka/ media komunikasi

Isi pesan: ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasehat/ propoganda.

MEDIA

Alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima

Macam-,macam media komunikasi:

1. Panca indera, telepon, surat, telegram

2. Komunikasi massa: media cetak (surat kabar, majalah, buku, leaflet, brosure, stiker, bulletin, hard out, poster, spanduk dll.

3. Komunikasi massa: elektronik (radio, film, TV, video, recordeng,komputer, electronic, board, audio cassete dll)

4. Komunikasi pembangunan/ penyuluhan4.

PENERIMA

Merupakan pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber

Penerima :satu orang atau lebih, kelompok, partai politik, ormas, negara dll

Istilah lain penerima: khalayak, sasaran, komunikan, audience, receiver

Jika pesan tidak dapat diterima oleh penerima, akan menimbulkan masalah-masalah, oleh karena itu perlu di lakukan perubahan pada : sumber/ pesan/ media

Kenalilah khalayakmu merupakan prinsip dasar alam berkomunikasi  usai, suku bangsa, bahasa, agama dll.

PENGARUH

Merupakan perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.

Pengaruh bisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang.

TANGGAPAN / UMPAN BALIK

Merupakan salah satu bentuk dari pengaruh yang berasal dari penerima.

Umpan balik juga bisa berasal dari pesan, media meski belum sampai kepenerima.

Misalnya konsep surat yang harus diperbaiki sebelum sampai ketujuan.

LINGKUNGAN

Merupakan faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi

Empat macam lingkungan:

1. Lingkungan fisik, geografis

2. Lingkungan sosial, epoleksosbud-perbedaan bahasa

3. Lingkungan psikologis, pertimbangan kejiwaan dalam berkomunikasi. Misal, menghindari kritik yang menyinggung perasaan orang lain

4. Lingkungan Dimensi waktu, musim-informasi bermakna/ bernilai

2 Tanggapan so far »

  1. 2

    deddysumardi said,

    oke, sama2.
    semoga bermanfaat…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: