Perspektif Ekonomi Politik Liberal Klasik

Hasil karya Adam Smith yaitu The Wealth of Nation, merupakan tulisan yang luar biasa. Orang mudah menebak bahwa buku ini dimaksudkan untuk menyibak hukum-hukum yang menuntun actor-actor ekonomi dan implikasi dari hukum-hukum ekonomi tersebut bagi masyarakat dan Negara.

Bagaimanakah pandangan kaum klasik tentang kekayaan, pembagian kerja, khuluk manusia, mekanisme pasar dan paham liberalisme?

Pandangan tentang Kekayaan

Bagi Adam Smith kekayaan adalah kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk memproduksi kekayaan diperlukan berbagai faktor produksi, seperti SDM, capital, dan SDM. Dalam pandangan klasik SDM adalah semua personil yang terlibat (langsung dan tak langsung) dalam proses produksi suatu komoditas, sedangkan capital adalah dana yang disimpan atau disisihkan dari konsumsi dan digunakan untuk menjamin kelangsungan produksi berikutnya.

Berbeda dengan proses produksi kekayaan yang lebih ditentukan oleh ketersediaan SDM capital, dan sumber daya alam, pendistribusian kekayaan lebih ditentukan oleh keinginan dan tata nilai yang berlaku. Pada tataran individu, seseorang dapat mendistribusikan kekayaan yang dimiliki pada siapa saja yang disukai. Namun pada tataran masyarakat yang lebih luas, pendistribusian kekayaan memerlukan persetujuan masyarakat, yang ditentukan oleh politik berdasarkan kebiasaan atau tata hukum masyarakat setempat.

Secara konseptual, pendistribusian kekayaan sangat ditentukan oleh actor-aktor atau kelas-kelas sosial yang berperan dalam proses produksi kekayaan. Aktor-aktor tersebut adalah tenaga kerja (pemilik SDM), kapitalis (pemilik capital), dan para tuan tanah atau landlord (pemilik sumber daya alam, terutama tanah). Idealnya, tiap actor tersebut memperoleh bagian masing-masing secara adil. Namun dalam praktiknya, pemilik capital dan tuan tanah lebih sering memperoleh bagian yang lebih besar, sedangkan buruh hanya memperoleh bagian yang kecil.

Teori Pembagian Kerja

Agar orang bisa memperoleh hasil yang lebih baik, Smith menganjurkan adanya pembagian kerja. Jika ada pembagian kerja, di mana tiap orang hanya mengerjakan suatu bagian pekerjaan tertentu saja, dan pekerja lain mengerjakan bagian tertentu yang lainnya pula, maka hasil yang diperoleh tiap orang akan jauh lebih besar. Teori pembagian kerja menunjukan bahwa dalam upaya mengejar keinginan pribadi, orang perlu bekerja sama dengan orang lain.

Khuluk Manusia

Ilmu ekonomi tidak bisa dipahami tanpa mengetahui perilaku individu-individu dan masyarakat keseluruhan. Salah satu sifat atau khuluk manusia yang dipelajari Smith ialah bahwa semua orang ingin hidup lebih baik. Keinginan seperti inilah yang disebut Smith sebagai “hasrat untuk kondisi yang lebih baik, suatu hasrat yang ada dalam diri kita semenjak masih di rahim dan tidak akan pernah meninggalkan kita hingga ajal menjemput” (Buchholz, 1990)

Dalam meletakan dasar-dasar ekonomi, Adam Smith secara ekspresif mengeliminasi motif-motif lain selain kepentingan pribadi. Jelasnya, dalm konsep-konsep yang dikembangkan oleh kaum klasik ada asumsi bahwa manusia adalah makhluk rasional yang akan berusaha memilih alternative terbaik dari berbagai pilihan yang tersedia. Adapun dorongan utama setiap pelaku ekonomi dalam tindakannya adalah kepentingan pribadi. Konsumen yang rasional  akan berusaha memaksimumkan kepuasan, dan produsen yang rasional berusaha memperoleh keuntungan-keuntungan yang sebesar-besarnya.

Mekanisme Pasar

Pada awalnya pasar diartikan sebagai tempat bertemunya konsumen dan produsen. Pada masa sekarang pasar sudah berkembang menjadi jauh lebih rumit, mengintegrasikan individu-individu dan kelompok-kelompok. Proses integrasi di pasar didukung oleh apa yang disebut sistem harga. Di pasar, semua pelaku ekonomi (produsen, distributor, konsumen) bekerja tanpa konflik sosial, walau tiap orang yang berpartisipasi didorong oleh kepentingan-kepentingan pribadi masing-masing. Tidak ada seorang individupun betapapun berkuasanya, dapat melakukan semua tugas di atas sendirian. Namun, dari hasil kerja tiap orang yang melakukan tugasnya masing-masing koordinasi melalui mekanisme harga di pasar, maka hal di atas dapat terjadi.

Di pasar, masing-masing actor bersaing atau berkompetisi satu sama lainnya. Dengan adanya kompetisi, tiap orang berupaya mencari teknik-teknik terbaik untuk memproduksi dan menyampaikan barang dalam jumlah, waktu, dan kualitas yang tepat pada masing-masing kelompok konsumen. Menurut Sheldon pasar adalah motor penggerak kesejahteraan. Selain itu pasar juga merefleksikan kebutuhan individu dan keinginan masyarakat, bukan sebagai instrument untuk digunakan oleh segelintir orang yang memiliki kekuatan politik.

Paham Liberalisme

Dalam pandangan Adam Smith dalam Politik Ekonomi Liberal Klasik yaitu tiap pelaku ekonomi (konsumen maupun  produsen) haruslah diberi kebebasan untuk   mengejar kepentingan pribadinya masing-masing. Konsumen diberi kebebasan memilih kombinasi konsumsi dari berbagai  macam barang dan jasa yang memberikan kepuasan sebesar-besarnya sesuai selera dan kemampuan uang yang dimilikinya. Begitu juga produsen diberi kebebasan memilih berbagai input dan tekhnologi untuk digunakan dalam proses produksi menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang paling menguntungkan usahanya. Walau kedua pihak (konsumen dan produsen) memiliki motivasi yang bertolak belakang, tetapi kalau perekonomian dibiarkan bebas sesuai kekuatan mekanisme pasar tanpa campur tangan dari pemerintah maka akan tercipta suatu keseimbangan atau ekuilibrium.

Salah satu asumsi yang penting dalam sistem ekonomi bebas yang dikembangkan Adam Smith ialah bahwa setiap orang dibebaskan melakukan yang terbaik bagi dirinya masing-masing.

Sumber : Ekonomi Politik, Deliarnov. Hal 24-30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: